Sil Tutup Klep Getas Bikin Oli Mesin Bocor!


Tutup klep di kepala silinder yang sudah ngeces oli, kudu diganti. Itu tanda sil sudah waktunya dibuang biar enggak berisiko seperti gejala overheat. Sebab, volume oli bisa berkurang kalau dibiarkan oli ngeces lewat tutup klep.

Ada yang bilang, sil tutup klep harus diganti setelah ada tanda oli netes. Padahal, kebayangkan berapa tekanan oli di klep masuk-buang yang dapat mengurangi debit pelumas di ruang bakar. 

Ingat cuy! Sedikit aja ada celah, oli akan meler keluar. Itu karena tekanan yang keras dari semprotan oli saat mendinginkan head silinder.

Penggantian sil bukan kebutuhan jangka pendek. Tapi, ada beberapa penyebab yang bikin sil getas harus diganti. Diantaranya saat pemasangan permukaan sil enggak rapat ke bagian dalam tutup klep. Sil bisa ikut ketarik dan getas.

Paling benar, setiap buka-tutup klep, ya harus ganti sil. Sebab, jika sil lama dipasang lagi pasti kekuatannya akan jauh turun. (Sumber : motorplus-online.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modifikasi Monoshock Scorpio tanpa “Conrod”

Memasang Saklar Rahasia di Motor dg CDI (*ANTI MALING*)

Perbedaan Club Motor dengan Genk Motor !!